Sabtu, 29 September 2018

Ingredients

LEMONGRASS (SERAI)



Hasil gambar untuk serai

TAKSONOMI TUMBUHAN SERAI

Kingdom                     : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom                : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi                : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                           : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                           : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas                    : Commelinidae
Ordo                            : Poales
Famili                          :poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus                          :Andropogon
Spesies                        : Andropogon nardus L.
  1. SEJARAH TANAMAN SERAI

Sumber pustaka menyebutkan, pada tahun 1899 untuk petama kalinya tanaman sereh wangi jenis Mahapengiri dari Srilangka ditanam di Kebun Raya Bogor.
 Sedangkan sumber lain menulis, sereh wangi jenis Mahapengiri justru dianggap asli Indonesia. Ketika itu, sampai tahun 1902, hanya terdapat dua buah industri penyulingan yang mampu menunjukkan eksistensinya, yaitu; pabrik Odorata milik Kaffer di Cicurug, dan Cikancana di Cianjur. Hanya pada waktu itu minyak sereh wangi asal Jawa belum mampu bersaing dengan minyak sereh wangi asal Ceylon. Akan tetapi setelah tahun 1900, konsumen Eropa justru mulai tertarik kepada minyak sereh wangi produk Jawa. Bahkan pada tahun 1919, produk ekspor minyak sereh wangi asal Jawa berhasil menandingi ekspor dari Ceylon.
Disamping jenis Mahapengiri, ada pula sereh wangi jenis Lenabatu yang berasal dari Srilangka dan diintroduksi ke Jawa sejak tahun 1900. Maksud dan tujuan pengembangan sereh wangi jenis Lenabatu ini untuk mempercepat dan memantapkan produksi minyak sereh wangi, karena permintaan pasar Eropa sangat besar, sehingga harus dipenuhi. Namun sejarah mencatat, bahwa kedatangan Lenabatu tersebut merusak reputasi pulau Jawa sebagai penghasil minyak sereh wangi, sebab minyak asal Lenabatu bermutu jelek.



2. KANDUNGAN GIZI

Jumlah Per 
Kalori (kcal) 98
Jumlah Lemak 0,5 g
Lemak jenuh 0,1 g
Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 723 mg
Jumlah Karbohidrat 25 g
Protein 1,8 g
Vitamin A6 IUVitamin C2,6 mg
Kalsium65 mgZat besi8,2 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,1 mg
Vitamin B120 µgMagnesium60 mg


3. MANFAAT SERAI

Beberapa manfaat serai yang belum banyak diketahui oleh masyarakat yaitu:
  •  Mencegah kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti
dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.
  •  Obat gangguan pencernaan
Teh yang mengandung serai bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga bisa membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.
  •   Detoksifikasi
Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.
  •  Manfaat pada sistem saraf
Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.
  •  Menurunkan tekanan darah
Serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.
  • Sebagai analgesik
Serai meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jadi jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.
  • Menjadikan kulit indah
Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.
  • Kesehatan wanita
Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.


5. KARAKTERISTIK SERAI

       Tanaman serai berakar besar. akarnya adalah jenis akarserabut yang berimpang pendek.
Batang tanaman serai berwarna putih tapi ada juga yang berwarna putih keunguan, bergerombol, berumbi, lunak tapi sebagian bersifat kakudan gampang patah, dan berongga.
Isi batangnya adalah pelepah umbi untukpucuj dan berwarna putih kekuningan, batang tanaman serai tumbuh tegak lurus diatas tanah.
       Daun tanaman serai berwarna hijau dan tidak bertangkai, kesat, panjang, runcing, hampir menyerupai daun lalang, berbentuk seperti pita, berbau citrus saat daunnya diremas, bertepi kasar dan tajam.
       Tulang daun tanaman serai tersusun sejajar, letak daun pada batang tersebar, panjang daunnya sekitar 50-100 cm dan lebarnya 2cm. Daging daun tipis pada permukaan dan bagian bawah daunnya berbulu halus.
       Tanaman serai jarang sekali mempunyai bunga, kalaupun ada, umumnya bunganya tidak memiliki mahkota dan mengandung bulir.


Tomat

Hasil gambar untuk tomat

1.History Of Ingredients
Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengahdan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang danTerung yang mengadung alkaloid.
Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

2.Nutrient Content
Kandungan tomat yaitu memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi di bandingkan dengan jeruk, berdasarkan penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandunga Vitamin C dan Vitamin A.Semakin makan buah tomat kandungan vitaminpun semakin banyak. tomat tidak hanya kaya akan Vitamin A dan C saja.ternyaa buah tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oxidan yang sangat berguana untuk menghancurkan radihkal bebas akibat polusi kendaraan , asap rokok dan zat berbahaya laiinnya yang masuk ke dalam Tubuh.

3.Function Of Ingredients
Fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

4. Characteristic Of Ingredients
Ciri - ciri tomat sebagai berikut :
1. batang berkayu
2. tergolong tumbuhan dikotil
3. daunnya menyirip menjari
4. biji berkeping dua
5. mempunyai kambium
6. buahnya berbentuk bulat
7. berwarna merah  

INGREDIENTS
SHALLOT (BAWANG MERAH)

Hasil gambar untuk bawang merah
          Bawang merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat, bila dilihat dari nilai ekonominya yang tinggi maupun dari kandungan gizinya yang juga tinggi. Hal ini karena tanaman bawang menjadi kebutuhan yang digunakan sebagai pelengkap bumbu masak dan dikonsumsi sehari-hari.

1.      Sejarah Bawang Merah
Tanaman bawang merah diduga berasal dari Asia Tengah, terutama disekitaran Palestina dan India. Namun sebagian literature juga memperkirakan tanaman bawang merahberasal dari Asia Tenggara dan Mediterranean.
Tanaman bawang merah merupakan tanaman tertua dari budidaya tanaman lainnya. Hal ini bias dibuktikan karena bangsa Mesir pada zaman I dan II atau 3200-2700 sebelum Masehi, pada patung dan tugu-tugu mereka.
Sementara di Israel tanaman bawang merah diperkirakan telah dikenal sejak tahun 1500 sebelummasehi. Sedangkan di Yunani kuno bawang merah telah dikembangkan sebagai sarana pengobatan sejak tahun 2100 sebelum masehi.
Bawang merah memiliki nama latin Allium Cepa L. bawang merah menjadi tanaman semusim yang diklasifikasikan berasal dari division Spermatophyta, dari sub division Angiospermae, dari kasis Monocotyledonae, dari ordo Asparagales atau Lilliflorae, dari family Alliacea atau Amaryllidaceae, dari genus Allium, dan dari spesies Allium cepa group Aggregatum.

2.      Kandungan Gizi Bawang Merah

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 71
Jumlah Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 12 mg
Kalium 334 mg
Jumlah Karbohidrat 17 g
Serat pangan 3,2 g
Gula 8 g
Protein 2,5 g

Vitamin A
4 IU
Vitamin C
8 mg
Kalsium
37 mg
Zat besi
1,2 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0,3 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
21 mg

3.Manfaat Bawang Merah

Berikut beberapa manfaat bawang merah yang dikonsumsi dalam keadaan mentah yang akan didapatkan oleh tubuh :
a.      Mengatasi Sembelit
Bagi sebagian orang yang mengalami sembelit maka perlu mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Hal ini dilakukan karena bawang merah dapat membantu prses pembuangan racun pada tubuh. Sehingga proses apabila terjadi sembelit, maka boleh mencoba mengatasinya menggunakan bawang merah mentah.
b.      Mencegah Terjadinya Kanker
Kanker diketahuai sebagai salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu banyak peneliti mencari obat alternatif untuk mengobati kanker. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan senyawa belerang  yang ada di dalam bawang merah dapat mencegah terjadinya kanker. Senyawa aktif yang ada pada bawang merah mentah berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh. Sehingga untuk pencegahan penyakit kanker, perlu dikonsumsi bawang merah mentah, agar sel kanker yang ada tidak berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi. Selain senyawa belerang, bawang merah mentah juga memiliki kandungan sulfur yang dapat melindungi tubub dari beberapa penyakit kanker seperti kanker lambung, usus, payudara paru-paru dan juga prostat.
c.       Menyehatkan Jantung
Kandungan Sufida Methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Banyak mengkonsumsi bawang merah mentah akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal dan membuat peredaran darah tidak terganggu, sehingga dapat  meningkatkan kesehatan jantung.
Selain itu kandungan yang ada dalam bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi yang sering terjadi bagi sebagian masyarakat dan juga bermanfaat membuka arteri yang tersumbat. Itulah mengapa, semua penjual sate menambahkan bawang merah mentah dalam irisan bumbu sate. Hal ini karena sebenarnya sate yang telah dibakar memiliki kandungan kolesterol jahat dan zat besi yang sangat tinggi. Untuk itu, penjual menambahkan bawang merah dalam bumbunya untuk menetralkan kolestereol yang masuk dalam tubuh ketika memakan sate.
d.      Mengontrol Diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Sedangkan kandungan yang ada dalam bawang merah mentah berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Untuk itu, bagi penderita diabetes dapat mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan terlebih bagi penderita diabetes.
e.       Masalah Pendarahan
Pendarahan yang sering dialami seperti pendarahan pada hidung atau yang sering kita sebut mimisen dapat disembuhkan dengan menggunakan irisan bawang merah mentah. Caranya mudah, yakni dengan menghirup irisan bawang merah mentah, darah yang keluar dari hidung akan berhenti. Selain mengobati mimisen, bawang merah mentah juga dipercaya sangat efektif dalam mengobati wasir atau dengan nama lain hemoroid.
f.       Mengatasi Radang Tenggorokan
Selain dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut, dan juga infeksi pada mulut dan gusi, bawang merah mentah juga dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering dialai oleh sebagian besar masyarakat. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni dari pergantian musim, konsumsi es dan minyak yang berlebihan. Untuk itu bagi yang memiliki tenggorokan yang sensitif, mungkin dapat mengkonsumsi bawang merah mentah agar tidak terjadi radang tenggorokan seperti yang biasa dialami.
g.      Menurunkan Berat Badan
Bagi sebagian orang yang memiliki gangguan dengan berat badan, mengkonsumsi bawang  merah bisa jadi alternatif yang dapat dilakuakan untuk menurunkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena di dalam bawang merah terkandung kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hanya dengan mengkonsumsi sekitar 3-4 siung tiap hari maka masalah berat badan dapat dihindari.

 4.      Karakteristik Bawang Merah
·         Penampakan Shallot: Bawang Merah tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. bawang merah barat, berukuran kecil, ramping dan ringan dengan kulit tipis berwarna merah muda-jingga dan daging berwarna keunguan. Untuk bawang merah di Asia, ukurannya lebih kecil dari bawang merah barat atau sangat kecil dan dagingnya berwarna ungu gelap.
·         Rasanya: lebih ringan dalam rasa dari Red Onion, tapi lebih tegas dari Bawang Bombai, dengan sedikit rasa bawang putih.
·         Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
·         Cara Menggunakan: Iris tipis dan goreng untuk taburan bumbu masak, mie, kari, bubur, atau goreng telu dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daily Activity OJT Gammara Hotel Makassar

Assalamualaikum wr wb       Saya tidak cukup 6 bulan training, saya training 5 bulan lebih. sebenarnya saya ingin mengahbiskan masa saya...