Minggu, 08 April 2018

Terminologi 10 Makanan

 Thai Beef Salad

 Hasil gambar untuk thai beef salad

Salad yang secara internasional dikenal sebagai salad Thailand, dengan beberapa pengecualian, termasuk dalam empat metode persiapan utama. Dalam masakan Thailand ini disebut yam, tam, lap dan phla. Beberapa hidangan tambahan juga bisa dianggap sebagai salad.

Salad Thailand sering tidak memiliki sayuran mentah atau buah sebagai bahan utama mereka tetapi menggunakan daging cincang, seafood atau mie sebagai gantinya. Mirip dengan salad di Barat, hidangan ini sering memiliki agen souring, biasanya air jeruk nipis, dan fitur penambahan herbal segar dan sayuran lainnya dalam persiapan mereka. Salad Thailand tidak disajikan sebagai makanan pembuka tetapi biasanya dimakan sebagai salah satu hidangan utama dalam hidangan bergaya prasmanan Thailand, bersama dengan nasi (tergantung pada daerah ini dapat beras ketan atau beras non-ketan) atau mie beras Thailand yang disebut khanom dagu. Restoran khusus khao tom kui (nasi biasa bubur) juga melayani berbagai macam salad Thailand dari jenis ubi sebagai lauk. Banyak salad Thailand, misalnya som tam terkenal, juga dimakan sebagai makanan atau camilan sendiri.



 Tom Yam Goong

 Hasil gambar untuk tom yam

Tom yum atau tom yam (UK: / ˌtɒm ˈjæm / atau / ˌtɒm ˈjʌm /; US: / ˌtɑːm ˈjɑːm /; Thai: ต้มยำ, RTGS: tom yam, dilafalkan [tôm jām] (Tentang suara ini dengarkan)) adalah sejenis sup Thailand yang pedas dan asam,  biasanya dimasak dengan udang (udang). [3] Tom yum berasal dari Thailand. Dalam beberapa tahun terakhir, [kapan?] Tom Yam telah dipopulerkan di seluruh dunia. Makanan yang direbus dengan bumbu dan saus udang.

Kata-kata "tom yam" berasal dari dua kata Thailand. Tom mengacu pada proses perebusan, sementara yam mengacu pada salad pedas dan asam Thailand. Memang, tom yum ditandai dengan rasa panas dan asam yang berbeda, dengan rempah-rempah dan rempah-rempah yang digunakan dalam kaldu. Kaldu dasar terbuat dari kaldu dan bahan-bahan segar seperti serai, daun jeruk purut, lengkuas, air jeruk nipis, saus ikan, dan cabai yang dihancurkan.

Pasta tom yum komersial dibuat dengan menghancurkan semua ramuan dan mengaduk minyak. Bumbu dan bahan pengawet lainnya kemudian ditambahkan. Pasta ini dibotolkan atau dikemas dan dijual ke seluruh dunia. Tom yum dibumbui dengan pasta mungkin memiliki karakteristik yang berbeda dari yang dibuat dengan bahan ramuan segar. Sup sering termasuk daging seperti ayam, daging sapi, babi, atau udang.

Krisis Keuangan 1997 di Asia, yang dimulai di Thailand, kadang-kadang disebut sebagai "Tom Yam Kung Crisis".


 Gai Tod Takrai

Khao soi atau khao soy (Thai: ข้าวซอย, dilafalkan [kʰâ: w sɔ̄ːj]; Lao: ເຂົ້າ ຊອຍ [kʰȁw sɔ́ːj], Burma: အုန်းနို့ခေါက်ဆွဲ [ʔóʊɴ no̰ kʰaʊʔ sʰwɛ́]) adalah hidangan Chin Haw disajikan secara luas di Myanmar (dikenal sebagai: ohn no khao swè), Laos dan Thailand utara. Namanya berarti "memotong beras" dalam bahasa Thai, meskipun mungkin itu hanyalah sebuah korupsi dari kata Burma untuk mie yang hanya "khao swè" yang dapat menjelaskan variasi. Secara tradisional, adonan untuk mie beras tersebar di kain yang direntangkan di atas air mendidih. Setelah mengukus mie lembaran besar itu kemudian digulung dan dipotong dengan gunting. Lao Khao soi masih dibuat dengan mie tradisional, dan di beberapa pasar di Luang Namtha dan Muang Sing pedagang masih memotong mie. Mie yang dipotong secara tradisional ini juga dapat ditemukan di beberapa tempat di Thailand bagian utara.


 Yum Makeua yo 

Baba ghanoush (bahasa Arab بابا غنوج bābā ghanūj) adalah hidangan favorit Levantine terong (terong) yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu. Seringkali terung dipanggang atau dipanggang di atas nyala api sebelum mengupas, sehingga ampasnya lembut dan memiliki rasa berasap. [1] Baba ghanoush biasanya dimakan sebagai saus dengan roti pita, dan kadang-kadang ditambahkan ke hidangan lainnya. Biasanya berwarna coklat muda yang bersahaja. Di Ethiopia, hidangan ini umumnya dikenal sebagai blagadoush.

Mutabbal


Mirip dengan baba ghanoush adalah hidangan Levantine lain mutabbal (متبل lit. 'dibumbui'), yang juga termasuk tumbuk terong matang dan tahini, dan dicampur dengan garam, lada, minyak zaitun, dan biji anar. Mutabbal kadang-kadang dikatakan sebagai versi spanyol dari baba ghanoush.

Kyopolou Bulgaria

Di Turki, meze serupa disebut patlıcan salatası ("terung salad"). [2] Ini dibuat dengan terung tumbuk, minyak zaitun, jus lemon dan bawang putih; kadang-kadang, tahini, tomat cincang dan lada hijau juga. Lebih sering, terong dicampur dengan yoghurt, minyak zaitun, dan bawang putih. Versi dengan potongan terong dapat ditemukan di Turki selatan, terutama di Antakya. Dalam varietas lain, yang disebut şakşuka atau köpoğlu, terong panggang dan cincang dan paprika disajikan dengan yogurt bawang putih atau saus tomat. Yang terakhir ini juga merupakan pembuka terong yang khas di Bulgaria, di mana ia disebut kyopolou. Hünkarbeğendi adalah hidangan Turki lainnya, yang merupakan daging kambing atau domba (saat ini juga daging sapi muda) rebus di mana daging disajikan panas di atas tempat tidur terong. Purée juga mengandung kaşar cheese, milk and flour.


 Khao Neow Ma Muany


Nasi ketan mangga (Thai: ข้าวเหนียว มะม่วง, RTGS: khaoniao mamuang, diucapkan [kʰâ (ː) w.nǐa̯w mā.mûa̯ŋ]) adalah makanan penutup tradisional Thailand yang dibuat dari beras ketan, mangga segar dan santan, dan dimakan dengan garpu, sendok, atau kadang-kadang tangan.  Meskipun berasal dari Thailand, ini dikonsumsi di seluruh wilayah Indochina di Asia Tenggara, termasuk Laos, Kamboja, dan Vietnam.  Mangga beras ketan biasanya dimakan di musim puncak mangga, bulan-bulan musim panas April dan Mei di Thailand.  Kedai ketan mangga yang terkenal di Bangkok seperti lingkungan Wong Wian Yi Sip Song Karakadakhom di Pom Prap Sattru Phai dekat Hua Lamphong, yang hanya akan dijual selama 4 bulan per tahun (Februari hingga Juni) , dan di lingkungan Samphrang di Phra Nakhon dekat Giant Swing dan Chao Por Suea Joss House, dengan Ban Mo dekat Si Kak Phraya Si Intersection dan Pak Khlong Talat dll.

See the source image 

Kimchi adalah salah satu Makanan Tradisional Korea yang berupa asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Cara membuatnya pun tidak susah yaitu setelah sayuran digarami dan dicuci setiap helainya, sayuran akan dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di Korea sendiri kimchi sering dihidangkan pada saat musim tertentu terutama pada musim dingin.

See the source image

Dakjuk adalah makanan tradisional Korea yang bahan utamanya adalah beras, daging ayam, dan bawang putih. cara memasaknya hampir sama dengan cara memasak bubur hanya saja daging ayam direbus secara terpisah dengan bawang putih serta bawang merah. Tekstur Dakjuk sama seperti bubur ayam yang kental dengan rasa bawang putih yang kuat. Dakjuk sangat disukai mulai dari anak – anak sampai orang tua karna makanan ini tidak pedas dan mudah dicerna.


See the source image
Seolleongtang adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari tulang sapi yang direbus hingga menjadi sup. Biasanya isi dari sup ini adalah irisan daging sapi dan lobak. Cara memasaknya pun agak susah pertama rebuslah air hingga mendidih lalu masukkan tulang sapi setelah matang angkat dan rendam kembali dalam air segar. Agar bau sapi dapat hilang tambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe. Semakin lama direbus akan semakin banyak gizi yang didapatkan. Seolleongtang cocok dimakan terutama pada saat musim dingin baik untuk sarapan maupun makan malam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daily Activity OJT Gammara Hotel Makassar

Assalamualaikum wr wb       Saya tidak cukup 6 bulan training, saya training 5 bulan lebih. sebenarnya saya ingin mengahbiskan masa saya...